Selasa, 17 November 2015

Perkembangan Sistem Operasi Mobile IOS

Perkembangan IOS beserta kelebihan dan kekurangannya
OS atau yang dulu bernama IPhone Operating system merupakan sebuah operating system mobile yang dibuat dan dikembangkan oleh apple.inc sertahanya terdapat pada produk-produk apple karena IOS tidak di lisensikan untuk di instal di perangkat non-apple. Awalnya IOS di kembangkan untuk Iphone namun saat ini sudah di perluas untuk IPad, Ipod touch dan Apple Tv, IOS di perkenalkan pertama kali pada tahun 2007.
iOS merupakan turunan dari OS X. OS X merupakan sebuah sistem operasiyang dipakai di komputer-komputer Apple yang merupakan turunan dari system operasiUNIX.
iOS adalah sistem operasi yang terdapat pada produk-produk yang diciptakan perusahaan terkenal apple. iOS awalnya hanya dikembangkan untuk Iphone. Namu sekarang sudah diperluas untuk perangkat apple yang lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan apple TV. iOS adalah sistem operasi yang diciptakan dengan segala kekurangan. Bukan berarti banyak masalah atau bug yang terdapat pada sistem operasinya. Tapi kekurangan yang terdapat pada feature-feature yang tersedia di dalam sistem operasinya. Kalau kita lihat perkembangannya dari versi awal sampe yang sekarang (4.2.1) dan untuk iPhone CDMA (4.2.5) sangat bertahap. Dan cenderung ketinggalan jaman dengansistem operasi gadget yang lain. Namun dengan adanya iOS versi 4.2.1, iPod Touch sudah bisa menandingi gadget-gadget saingannya. Menurut saya iOS memiliki kesetabilan yang baik. Dan sistem operasi iOS sangat user friendly.
Fitur  yang terdapat pada iOS yang terdapat pada iPod Touch dengan sofware versi 4.2.
  • Multitasking
Kemampuan multitasking baru bisa dirasakan oleh user iPod dan iPhone  pada iOS versi 4.0. Sedangkan pada iPad pada versi 4.2. menurut saya pada versi 4.0 kemampuan multitasking belum terlalu stabil. Masih terdapat bug-bug yang terkadang merepotkan. Namun sudah diperbaiki pada versi selanjutnya(4.2) dan sekarang sudah bisa berjalan dengan baik. Kemapuan multitasking memungkinkan kita membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus keluar dari aplikasi yang kita buka. Cukup menekan home buton maka kita akan keluar dari aplikasi yang kita mainkan, dan aplikasi tersebut tidak akan tertutup secara permanen. Untuk menampilkan aplikasi nya cukup dengan menekan dua kali home buton. Maka akan keluar aplikasi yang kita mainkan. Kalau terlalu banyak membuka aplikasi dan kita belum menutupnya secara permanen, maka ipod akan heng. Cara mematikan aplikasi yang kita gunakan secara permanen adalah dengan cara menekan Home Buton sebanyak 2 kali. Lalu kita tap dan tahan. Tunggu sampe keluar gambar seperti dibawah ini :
  • Membuat Folder
Pada versi 3 ipod touch dan iphone belum bisa melakukan perintah untuk membuat folder. Dengan adanya kemampuan untuk membuat folder,  ipod kelihatan lebih rapi karena tidak harus memiliki banyak slide dikarena banyaknya aplikasi yang kita miliki yang tercecer di layar. Dengan kemampuan membuat folder  Kita cukup mengabungkan aplikasi-aplikasi yang sejenis dan membuat nya dalam 1 folder agar tidak memakan banyak tempat. Cara membuat folder, adalah Dengan cara menahan dan menggerserkan aplikasi yang sejenis ke satu tempat yang sama. Maka akan tercipta 1 folder dengan berisi dua aplikasi (awalnya) folder dapat kita tambah isinya dengan cara melakukan cara yang sama seperti diatas.Gambar ini menunjukan isi 1 folder yang ada, dengan nama folder Game.
  • Air Print
Jika memiliki printer yang dapat terkoneksi sambungan wireless, kita dapat mengunakan kemapuan air print. Ini salah satu kemampuan tambahan dari iOS versi 4.2. dan hanya dapat dilakukan dengan printer yang dapat terkoneksi dengan kemampuan wireless, tidak dapat mengunakan kabel usb.
  • Mengubah wallpaper
Pada awalnya ipod Touch tidak mengganti wallpaper tampilan nya. Dan hanya tersedia tampilan default dengan beackground hitam. Seperti gambar di atas (versi 3.2), dan setelah update ke versi 4.2 kita dapat mengubah background nya sesuka hati, seperti gambar di atas pada sebelah kiri (versi 4.2).
  • Wifi dan Airplane Mode
Ditambahkan kemampuan agar ipod dapat terkoneksi ke jaringan wifi. Dan terdapat mode airplane yang ditambahkan pada saat update sofware versi 4.0
  • Air Play
Jadi iphone, ipod touch, dan ipad dapat terkoneksi ke speaker yang mampu terkoneksi menggunakan kemampuan wireless.
  • Game center dan Book Store (iBook)
Terdapat kemampuan mengakses game ke apple store secara mudah mengunakan kemampuan game center tanpa harus melalui iTunes atau app store. Dan iBook store adalah khusus Toko buku yang ada di iTunes store. Namun dengan ada kemampuan akses ke game center dan iBook store. Kita tidak perlu repot-repot lagi ke iTunes untuk mencari buku dan game kesukaan kita.
  • Voice Control
Kemampuan untuk memberi perintah kepada ipod melalui perintah suara kita. Kemampuan voice control dapat digunakan mengunakan bahasa indonesia, inggris, jepang dan beberapa lagi yang telah di sesuaikan oleh apple. Namun voice contro hanya dapat dinikmati iPhone user dan Ipod Touch 32 GB 2gen sampai 4gen. Sedangkan ipod Touch 8GB tidak didukung fasilitas voice control.
  • Google maps, calender, youtube, weather, mail, contacts, stock, dan voice memo.
Sistem operasi iOS dapat terkoneksi dengan google maps, calender, youtube, laporan cuaca, kontak, e.mail, stock, dan voice memo.
Dengan google map kita dapat mengetahui lokasi keberadaan kita. Namun untuk mengaktifkan kemampuan ini kita harus terkoneksi dengan internet atau jaringan wifi. Karena tidak dapat digunakan dengan kondisi offline.

Berikut ini versi-versi dari operating system IOS :
Sejak tahun 2007- 2014 IOS telah meluncurkan beberapa versi, seperti :
1. iPhoneOS 1.x
versi ini merupakan iPhone OS pertama yang di perkenalkan pada tahun 2007, versi operasi system ini belum di beri nama awal peluncurannya dan masih sangat sederhana.
2. iPhone OS2.x
Versi ini merupakan versi kedua dari IOS dan di luncurkan berbarengan dengan peluncuruniPhone 3G, perangkat yang menggunakan IOS vesi 1.x dapat di upgrade ke versi ini. Pada versi ini terdapat fitur terbaru yaitu App store tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi. Pada versi ini aplikasi pihak ketiga sudah dapat di gunakan pada Iphone dan Ipod touch.
3.iPhone OS3.x
OS versi ini mulai tersedia bersamaan dengandiluncurkannya iPhone 3GS. Versi ini di liris pada 17 juni 2009 dan di lengkapi dengan fiturcopy-paste, Cut, Voice Control, Spotlight search, Push notifications, USB & Bluetooth tethering, Landscape keyboard, Find my iPhone dan MMS.. Device yang menggunakan OS versi 2.x dapat diupgrade ke firmware ini.
4.IOS 4.x
IOS 4 diperkenalkan pertama kalipada tanggal 21juni 2010 untuk iPhone terbaru dan computer tablet pertama buatan Apple yaitu iPad dan pada saat ini iphone OS di rubah namanya menjadi iOS , OS 4 inimemiliki 100 fitur baru dan peningkatan performa pada aplikasi yang ada sebelumnya termasuk dukungan untuk multitasking. Beberapa fungsi yang ada di IOS 4, seperti folder untuk mengatur aplikasi, Events, Places, dan Faces di aplikasi Photos, dan banyak perangkat tambahan Mail seperti kotak masuk dan chatting.
Ø Kelebihan IOS 4 :
dapat melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu (multitasking), seperti mendengarkan musik sambil memeriksa lokasi GPS, atau meng-upload gambar. Fungsi Fast App Switching dalam IOS 4 juga memungkinkan sebuah aplikasi untuk menyimpan apa yang telah dilakukan ketika beralih ke aplikasi lainnya(Rini, K. 2010).

Ø Kekurangan IOS 4:
iPhone dan iPod generasi pertama tidak dapat di upgrade ke versi ini. iPhone 3G pun dapat di upgrade pada iOS 4 versi4.2.1, yang di liris pada 22 November 2010.

5.IOS 5.x
iOS 5 di perkenalkan pertama kal pada publik pada 6 Juni 2011 yang diliris untuk iPhone 3GS, iPhone 3GS, iPhone 4 (GSM dan CDMA),iPhone 4S, iPod Touch (generasi ke 3 dan ke 4), iPad, dan iPad 2 pada 12 Oktober 2011.
Ø Kelebihan IOS 5.x :
1.      Fitur ini dapat membuat pengguna perangkat Apple iPhod Touch, iPhone, iPad dapat berkomunikasi layaknya chatting pada yahoo messenger atau BBM. Pada iOS 5 iMaessage sudah terintegrasi langsung dengan aplikasi pesan pada iPhone jadi pengguna bisa melihat pesan sama seperti menerima atau mengirim SMS.
2.      Tambahan fitur kamera pada versi OS ini adalah Camera Grid yang dapat memudahkan pengguna focus pada objek foto serta menjaga kualitas foto agar tetap bagus.
3.      Fitur ini sangat berguna untuk mempercepat akses ke tombol kamera pada iPhone 3 GS, 4,4S, dan iPod $rd generasi terbaru. 6.Camera Face Detection
4.      Safari TerUpdate-Tabbed Browsing (Di iPad), modus browsing privasi, Reader terintegrasi, daftar bacaan dan Kinerja yang Optimal
5.      Fitur Baru di Aplikasi Mail-Opsi Bold, Italic, Underline dan Quote, Pencarian, Tandai sebagai Terbaca/Tidak Terbaca dan Flasg Setting, Tambah/Hapus Folder kotak surat
6.      Adanya Newsstand App, Kamus LookUp di seluruh Antarmuka, Sinkronisasi Wi-Fi dengan iTunes dengan Operasi Otomatis

Ø Kekurangan IOS 5.x :
1.      Memiliki fitur isi ulang baterai melalui wi-fi
2.      Fitur pengenal wajah di patenkan oleh apple

6.IOS 6.x
iOS 6 versi preview (beta ) di perkenalkan pada 11 Juni 2012 untuk paraApple Worldwide Developers Conference (WWDC).Versi ini baru perkenalkan untuk publik pada 19 sepetember 2012 dengan menambahkan fitur iTune danover the air update yang bersamaan dengan keluarnya iPhone 5.
Berikut ini perangkat yang mendukung iOS versi ini iPhone 5, iPhone 4S, iPhone 4, iPhone 3GS, iPad mini, iPad 4th Gen,iPad 3rd Gen, iPad 2, iPod Touch 4th Gen, iPod Touch 5th Gen.


Ø Kelebihan iPhone 6 :

1.      Terdapat Kostumisasi Suara Notifikasi, Email, Voicemail dan Kalender, Terintegrasi layanan iCloud,Aplikasi Peningkatan Kamera
2.      Terdapat Editor Foto terintegrasi-crop, peningkatan otomatis, rotate dan perbaikan Red-Eye dan Safari TerUpdate-Tabbed Browsing (Di iPad), modus browsing privasi, Reader terintegrasi, daftar bacaan dan Kinerja yang Optimal
3.      Terdapat Kamus LookUp di seluruh Antarmuka dan Operasi Komputer Gratis-Independent Activation, OTA Updates, BakUp dan Restore iCloud, Sinkronisasi Wi-Fi dengan iTunes dengan Operasi Otomatis
4.      Fitur Baru di Aplikasi Mail-Opsi Bold, Italic, Underline dan Quote, Pencarian, Tandai sebagai Terbaca/Tidak Terbaca dan Flasg Setting, Tambah/Hapus Folder kotak surat,Newsstand App,iPod Player berganti nama menjadi musik dengna ikon baru,Video App terpisah untuk iPhone,Histtory pembelian di App Store,Opsi New Management Storage,.Isyarat Multitasking untuk iPad,AirPlay Mirroring untuk iPad

Ø  Kelemahan iPhone 6 :
  • Kamera depan iPhone 6 masih beresolusi 1.2 MP
  • Prosesor digunakan iPhone 6 masih dual core
  • Bekalan RAM masih 1GB
  • Baterai iPhone 6 masih bersifat Non-removable
·         iPhone 6 memiliki kekurangan pada segi kamera, iPhone 6 memiliki kelemahan karena masih menggnakan kamera depan beresolusi 1.2 MP meski sudah didukung berbagai fitur, namun resolusi kamera tersebut tidak sepadan dengan harga iPhone 6 yang terbilang mahal.
·         Pada segi dapur pacu, ponsel iPhone 6 juga masih memiliki kekurangan karena masih didukung oleh prosesor bertenaga Dual-core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based), seharusnya dengan harga iPhone 6 sangat fantastis terebut sudah mendukung prosesor Octa-core.
·         Untuk pembekalkan RAM juga masih minim yakni masih menggunakan RAM sebesar 1 GB. Untuk kegiatan multitasking, berbekal RAM sedemikian kurang mendukung. Dan terakhir kekurangan dari iPhone 6 yakni masih menggunkaan baterai bersifat Non-removable, dimana baterai tersebut susah untuk dilepas dari ponsel. Baterai jenis ini akan susah jika nantinya ada kerusakan, maka harus dibawa ke tempat service khusus.
7. iOS 7
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/97/GNOME_Shell.png/120px-GNOME_Shell.png
Merupakan versi iOS terbaru saat iniyang di perkenalkan pertama kalipada 10 juni 2013 saat acaraApple Worldwide Developers Conference (WWDC). iOS 7 resmi dirilis ke publik pada 10 september2013 dengan bersamaan keluarkan dua smartphone iPhone baru yaitu iPhone 5C dan iPhone 5S. operasi sistem ini juga tersedia untuk iPhone 4, iPod Touch generasi ke 5, iPad 2 dan iPad Mini generasi pertama.
Kelebihan iOS 7 :

1.      Desain iOS 7 terlihat lebih flat dan minimalis namun lebih banyak mengandung efek, seperti efek transparan yang ada pada layar dengan wallpaper yang dinamis
2.      Apple membekali iOS 7 dengan aplikasi  iTunes Radio, dan cara penggunaanya sama seperti layanan radio streaming music.
3.      Apple telah memberi kelengkapan pada iOS 7dengan adanya fitur keamanan baru
4.      iOS 7 ini Apple lebih memberikan beberapa fitur tambahan dan baru seperti, fitur siri new interface, blacklist kontak, audio face time, kunci aktifasi, update app secara otomatis, file sharing AirDrop.
5.      Aplikasi untuk cuaca lebih hidup dengan animasi gerak, dan aplikasi maps dengan tambahan modus malam dan telah menggunakan arah jalan yang telah diperbarui. Serta sudah dilengkapi dengan aplikasi kamus yang mendukung  berbagai bahasa, diataranya Cina-Inggris, Italia, Korea dan Belanda.
 Kekurangan iOS 7 :

1.       Aplikasi iTunes Radio hanya bisa bekerja di Negara Amerika Serikat Saja
2.       Fitur AirDrop hanya bisa dijalankan pada perangkat baru Apple saja
3.       Fitur UI pada kamera sangat standard dan pengaturan fitur yang terbatas
4.       UI Interface hampir sama dengan Windows Phone

5.       Perangkat Apple lama tidak bisa menikmati iOS 7 ini, karena tidak bisa upgrade

Tidak ada komentar:

Posting Komentar